Selasa, 15 November 2011

PERANGKAT PERIPHERAL

PERANGKAT PERIPHERAL

Perangkat peripheral adalah peralatan tambahan yang akan dapat meningkatkan kemampuan komputer dalam bekerja. Terdiri atas perangkat masukan, proses, dan keluaran. Alat ini biasanya dipasang dalam slot-slot yang disediakan oleh mainboard komputer. Pada umumnya alat ini berbentuk kartu atau card.

contoh perangkat peripheral :

1. LAN card

Kartu ini akan membuat komputer terhubung membentuk jaringan LAN.
LAN CARD

2. VGA card

Kartu VGA dalam komputer generasi sekarang sudah menjadi satu dengan mainboard dengan memori sekitar 32 MB, tetapi kualitas grafisnya kurang bagus. Kualitas resolusi grafis monitor dapat ditingkatkan dengan cara menambahkan VGA card yang dipasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) dan AGP (Accelerated Graphics Port). Kapasitas memori VGA yang besar akan membuat tampilan grafis lebih bagus dan dapat digunakan untuk software game yang membutuhkan resolusi grafis yang tinggi. Saat ini peran AGP mulai digantikan dengan PCI Express.

AGP ( VGA Card )
PCI EXPRESS ( VGA CARD )
3. Card Reader

Digunakan untuk membaca memori flash seperti :
  • multimedia memory card (mmc)
  • secure digital (SD)
  • Extreme Digital (XD)
  • memory stick
  • compact flash
Anda dapat mentransfer file dari memory flash ke komputer anda dengan card reader





4. Wireless network adapter

Alat ini memiliki fungsi yang sama dengan LAN card, tetapi membutuhkan alat lain, yaitu hub wireless dan router wireless. Dengan wireless network adapter, pemasangan jaringan tidak membutuhkanbanyak kabel. Jaringan yang terhubung dapat melalui udara. Terdapat dua jenis wireless, yaitu wireless network adapter yang dipasangkan pada slot PCI pada mainboard, dan wireless network adapter yang dipasangkan pada port USB.



5. Wireless router

Merupakan alat yang digunakan untuk membangun suatu jaringan nirkabel. Wireless router dapat digunakan untuk membagi koneksi internet broadband seperti jaringan internet, TV kabel, atau ADSL dengan membagi IP address pada komputer yang terhubung dalam jaringan.




6. PC camera

Alat ini digunakan untuk mengirim video sedara real-time kepada orang lain melalui komunikasi internet dengan teknologi webcam. Anda akan bisa melakukannya jika orang yang anda ajak komunikasi memiliki webcam juga.


7. Modem

Fungsinya adalah untuk mengakses internet. Alat ini mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya dari kabel telepon sehingga komputer dapat terhubung dengan internet.



8. Sound card

Untuk menghasilkan suara, peralatan peripheral yang dibutuhkan adalah sound card. Komputer dapat dihubungkan ke organ bila sound card dilengkapi fasilitas MIDI (Music Instrument Device Interface) dan kabel MIDI untuk dihubungkan ke synthesizer. Memiliki microprocessor yang berfungsi untuk menghasilkan suara. Soun card untuk komputer sekarang ini telah terdapat langsung dalam mainboardnya (onboard).

 
9. TV tuner card

Alat ini mampu menampilkan gambar dari channel-channel televisi. Prinsip kerjanya sama seperti TV.



10. Capture card

Alat ini berfungsi untuk merekam gambar dari VCD/DVD atau camcorder (handycam). Capture card ada yang sudah menjadi satu dengan TV tuner, sehingga perekaman atau proses capture gambar dapat pula diambil melalui channel televisi yang sedang dipilih.


2 komentar:

Unknown mengatakan...

.kaleng mantap gan thx yaa info-nyaa
.sukses buat blognya

Anisa Azhuura mengatakan...

Sangat lengkap artikelnya ditambah lagi disertai dengan gambar
Mantap dah

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews