Jumat, 12 Agustus 2011

Soal Merakit Komputer

  1. Suatu sekolah membutuhkan komputer untuk keperluan praktek pengenalan komputer, apresiasi komputer, dan teknologi informasi dan komunikasi. Bagaimana urutan langkah-langkah dalam menyusun spesifikasi PC minimal secara umum yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

  2. Bagaimana langkah-langkah urutan dalam merakit kompter.

  3. Bagaimana langkah-langkah urutan menyeting setup BIOS.

  4. Bagaimana langkah-langkah urutan memasang peripheral.

Jawaban :
  1. Urutan langkah-langkah menyusun spesifikasi PC minimal secara umum yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut di atas adalah: mengidentifikasi kebutuhan hardware berdasar kebutuhan software, kemudian survei barang dan harga di Toko dengan mempertimbangkan juga garansi, ketersediaan suku cadang, dan fleksibilitas dalam perawatan dan penggunaan.

  2. Langkah-langkah urutan dalam merakit kompter, yaitu : Cek semua komponen yang akan dirakit terlebih dahulu, Semua komponen yang akan dirakit harus dalam kondisi baik, Buka casing pasang motherboard dalam casing, pasang prosesor beserta pendingan dan kipasnya, pasang RAM, pasang kabel power pada motherboard, pasang hard disk, disk drive, dan CD ROM drive beserta kabel penghubungnya ke mother board dan kabel powernya, pasang kabel saklar power, reset, dan lampu indicator pada mother board, kemudian pasang card I/O yang diperlukan. Instalasi keyboard, mouse, monitor, dan kabel power supply pada CPU. Periksa semua sambungan yang telah terpasang. Bila telah benar dan kuat, hidupkan komputer untuk menguji hasil rakitan.

  3. Langkah-langkah urutan menyeting setup BIOS adalah : hidupkan komputer tunggu sesaat, tekan tombol DEL (atau sesuai yang ditunjukkan pada layar monitor) untuk masuk ke menu setup BIOS. Lakukan seting jam, hari, aktivasi I/O yang sesuai dengan kondisi hardware yang terpasang, aktivasi power pada prosesor, setting manajemen power dan memori sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, dan setting password jika diperlukan. Simpan hasil setting tersebut.

  4. Langkah-langkah urutan memasang peripheral, yaitu : matikan komputer, hubungkan bagian yang perlu dihubungkan dengan mengikuti buku manualnya, Periksa hasil instalasi, jika telah sesuai dan benar hidupkan komputer, kemudian lakukan instalasi program driver untuk peripheral tersebut. Bila program driver telah terinstalasi dengan baik lakukan pengetesan terhadap kerja peripheral tersebut.

3 komentar:

Anonymous mengatakan...

dari tadi mw post koment koq gx bisa cie???
pak agus klo bisa ulangannya pertemuan berikutnya biar gx tambah materi lagi,,
hahaha{kliatan orang malez blajar}
by: reza
fb: http//facebook.com//reza.tecno
email : reza.tecno@facebook.com

Unknown mengatakan...

hahaha hebat banget mas mas mas mas mas mas mas mas msa
B-) ;) :)

Nazwa Alya mengatakan...

Maaf izin copy jawaban no. 4 untuk tugas sekolah, terima kasih

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews