Senin, 14 November 2011

Mengoperasikan TV Tuner Internal / Eksternal

Kompetensi

Setelah mempelajari modul ini :
  • Siswa dapat mengidentifikasikan alat yang dinamakan TV Tuner
  • Siswa dapat mengetahui jenis - jenis TV Tuner
  • Siswa dapat mengoperasikan jenis TV Tuner internal 
  • Siswa dapat mengoperasikan jenis TV Tuner eksternal
Materi

Definisi TV Tuner


TV Tuner adalah alat yang dapat digunakan komputer untuk menampilkan siaran dari berbagai macam stasiun televisi, seperti layaknya pesawat televisi biasa, TV Tuner juga dilengkapi dengan berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk berpindah dari satu stasiun televisi ke stasiun televisi lainnya, ada berbagai macam produk TV Tuner yang telah tersebar dipasaran, tentu saja, setiap satu produk memiliki fiture yang berbeda dengan produk lainnya.

Fiture yang umum disediakan antara lain : berpindah dari satu channel (stasiun televisi) ke channel lainnya ( preset channel), picture adjustment ,mendengarkan radio, melakukan capture (penangkapan gambar) dari program televisi yang sedang berlangsung dengan format file gambar dan video bahkan adapula yang dapat melakukan capture untuk camera handycam yang masih manual . Masih banyak lagi kemudahan – kemudahan yang di berikan ketika kita mengakses menu yang tersedia, dalam perangkat TV tuner. Penggunaan TV Tuner sebagai media televisi dalam rumah tangga merupakan suatu alternatif yang belum banyak dilakukan dimasyarakat pada saat artikel ini dibuat. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pengetahuan tentang teknologi untuk saat ini. Padahal jika diperhatikan dengan seksama, akan terdapat banyak manfaat yang diperoleh jika menggunakan alat ini, diantaranya mulai dari efisiensi biaya yang dikeluarkan, penghematan ruang, penghematan listrik untuk pengguna PC dengan intensitas tinggi. Artinya, tidak perlu ada tambahan biaya listrik untuk menyalakan TV karena tidak lagi membutuhkan TV sementara kita bisa menyaksikan TV dengan komputer. 


Jenis – jenis TV Tuner

Secara garis besar, jenis TV tuner terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis eksternal dan jenis internal. Kedua jenis TV tuner ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan, sesuai dengan namanya, untuk TV tuner jenis internal biasanya berada didalam CPU (diatas motherboard) dan di tancapkan di slot PCI ( Peripheral Component Interconnect ) , sedangkan untuk yang jenis eksternal diletakkan diluar CPU, dan ditancapkan di USB (Universal Serial Bus). TV tuner jenis eksternal lebih praktis jika dibandingkan dengan jenis internal, karena jenis eksternal diletakan diluar CPU sehingga kita tidak perlu lagi membongkar CPU untuk memasangnya. 
TV TUNER AKSTERNAL

TV TUNER INTERNAL
Seperti layaknya pesawat televisi biasa, tv tuner baik yang internal maupun eksternal juga memerlukan alat tambahan yang digunakan untuk memperkuat sinyal, yaitu Antena. Untuk jenis antenanya bisa bebas, artinya bisa menggunakan antena yang diletakan didalam ruangan maupun antena diluar ruangan. Sedangkan dari segi kemudahan, banyak sekali perbedaan yang dapat di temukan tetapi kemudahan dalam melakukan penginstalasiannya, karena mudahnya mungkin tidak perlu lagi membaca manual book-nya karena sudah tergambar dengan jelas di setiap menu pilihan, walaupun hal ini sangat tidak dianjurkan.

Pengopersian TV tuner Internal
Dalam pembahasan kali ini, akan dibahas bagaimana mengoperasikan dan cara pemasangan TV tuner jenis internal. Sebelum melakukan instalasi, pastikan kabel power yang terhubung antara power supply dengan CPU terputus, sebab jika masih terhubung dan ketika melakukan pemasangan TV tuner diatas slot, dikhawatirkan akan terjadi hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan rusaknya peripheral (peralatan) hardware komputer, siapkan peralatan – peralatan yang dibutuhkan untuk membongkar CPU seperti obeng (plus atau min sesuai dengan mur atau baut yang digunakan), serta TV Tuner internal itu sendiri. Setelah itu lakukan langkah berikut : 

Langkah Pengoperasian dan Penginstalasian TV Tuner internal
  1. Siapkan komputer dan card TV tuner.
Sebelum melakukan instalasi tv tuner, sebaiknya kita menyiapkan peralatan – peralatan inti yang mustahil bisa berjalan dengan baik tanpa perlatan ini. Siapkan satu unit komputer multi media yang lengkap dengan peralatan – peralatannya seperti sound card, VGA card, dan card TV tuner itu sendiri, setelah komputer dinyatakan lengkap, sebaiknya cek kembali apakah kartu suara atau soundcard dapat bekerja dengan baik?, kalau belum,maka driver untuk kartu suara harus diinstall kembali, jika menggunakan kartu suara jenis no-onboard (tidak tertancap secara permanen diatas motherboard) maka pastikan letak kartu suara sudah benar dan tertancap di slot-nya dengan baik
TV TUNER INTERNAL

PERANGKAT KOMPUTER LENGKAP
  1. Buka Casing Komputer
Setelah memastikan seluruh peralatan telah dipersiapkan dengan baik, maka langkah selanjutnya harus membuka cassing CPU untuk menancapkan Card TV tuner diatas motherboard tepatnya di slot PCI. Peralatan yang dibutuhkan adalah peralatan sederhana yaitu obeng plus atau minus, kita gunakan sesuai dengan mur atau baut yang digunakan untuk penutup casing. Sebelum membuka casing sebaiknya dicabut terlebih dahulu kabel power yang terhubung ke stop kontak agar tidak tersengat aliran listrik. Sebenarnya untuk menghindari sengatan listrik ringan bisa saja kita hindari dengan menggunakan alas kaki, namun hal ini tidak dianjurkan, sebab nanti ketika ingin menancapkan card TV Tuner ke slot PCI dikhawatirkan akan terjadi hubungan arus pendek yang dapat menyebabkan rusaknya hardware komputer.
  1. Pasang Card TV Tuner internal pada slot PCI
Untuk pemasangan card TV Tuner ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, diantaranya tancapkan card TV Tuner di slot PCI ( Peripheral Component Interconnect ) ada beberapa produk yang kemungkinan tidak di tancapkan di slot PCI, tetapi dirancang untuk diletakan pada slot ISA. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pastikan PIN yang berada pada card TV Tuner sesuai dengan ukuran untuk slot PCI, jika tidak sesuai jangan dipaksakan sebab akan menyebabkan terbakarnya motherboard Anda akibat hubungan arus pendek, tetapi hal ini (ketidak sesuaian ukuran slot dengan PIN TV Tuner) jarang sekali terjadi. Setelah ditancapkan, kencangkan mur atau baut TV Tuner pada casing.

  1. Tutup kembali Casing Komputer
Jika pemasangan card TV Tuner sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah menutup kembali casing komputer Anda dengan benar. Hal ini kita lakukan guna menghindari masuknya debu kedalam CPU yang dapat menyebabkan lambatnya kinerja komputer Anda.

5. Hidupkan Komputer
dengan menghubungkan kabel power ke listrik dan tekan tombol power di casing. Selanjutnya Anda harus menghubungkan kembali kabel power dari power supply ke stop kontak. Kemudian pastikan juga kabel mouse, keyboard, dan speaker terhubung ke slotnya masing – masing juga kabel data monitor ke slot VGA, setelah itu tekan tombol power pada casing Anda untuk mulai mengaktifkan komputer.
6. Install software driver TV Tuner
agar dapat dikenali oleh komputer (langkah instalasi disesuaikan dengan buku manualnya)
Tunggu sejenak sampai komputer mulai menampilkan sistem operasi dan mendeteksi adanya perangkat baru yang ditemukan (yaitu perangkat TV tuner). Setelah terdeteksi adanya perangkat baru, langkah selanjutnya adalah dengan memasukan CD Driver (CD yang diberikan ketika Anda membeli produk TV Tuner Internal) kedalam CD ROOM, kemudian akan muncul kotak dialog wizard (pernyataan dan pertanyaan yang muncul untuk meminta respon dari Anda.) untuk penginstalasian, ikuti langkah – langkah yang diminta, setelah selesai baru klik tombol finish atau done (sesuai dengan masing – masing product TV Tuner). Langkah terakhir dari penginstalasian software, aktifkan program yang sudah Anda install tersebut.
  1. Hubungkan Kabel antena dengan TV Tuner
Sampai sejauh ini Anda mungkin masih belum bisa mengakses siaran televisi, dikarenakan belum terpasangya antena televisi. Segera tancapkan connector (penghubung kabel) antena ke slot antena yang berada di slot TV Tuner (di bagian belakang CPU). Setelah itu baru Anda dapat menggunakan pesawat televisi hasil rakitan sendiri.

8. Hubungkan jek kabel audio

berukuran kecil yang ujungnya dihubungkan ke lubang line-in pada soundcard dan ujung lainnya pada lubang audio yang ber ada di slot TV tuner. Jek kabel audio ini bentuk kedua ujungnya sama, bentuknya sama seperti ujung audio yang biasa digunakan untuk headset pada walkman / mp3 player.

  1. Gunakan remote untuk mengubah saluran televisi
Silahkan ubah konfigurasi televisi Anda dengan menggunakan remote kontrol jika produk yang Anda gunakan menyediakan fasilitas remote control, jika tidak maka gunakan mouse untuk mengkonfigurasinya.
Gunakan Remote
Langkah Pengoperasian dan Penginstalasian TV Tuner Eksternal
Untuk TV Tuner jenis Eksternal lebih mudah penginstalasiannya dibandingkan dengan jenis internal, sebab kita hanya membutuhkan layar monitor komputer saja tanpa harus memiliki CPU (Central Processing Unit), membongkar casing bahkan tanpa harus menginstal driver TV Tuner tersebut. Langkah langkah untuk mengoperasikan TV Tuner jenis eksternal adalah sebagai berikut :
  
Langkah – langkahnya :
  1. langkahnya Siapkan Monitor komputer dan TV Tuner Eksternal
Siapkan satu unit monitor komputer dan card TV tuner, untuk TV Tuner jenis eksternal kita tidak membutuhkan CPU dan peralatan yang include di dalamnya. Kalau jenis internal kita memerlukan kartu suara, maka untuk jenis eksternal kita tidak memerlukannya, sebab suara televisi bukan lagi bersumber dari sound card (kartu suara) melainkan dihasilkan dari TV Tuner eksternal. Jadi Anda tidak perlu repot untuk menginstal driver soundcard dan peralatan lainnya.
  1. Hubungkan kabel data monitor ke slot TV Tuner
kemudian hubungkan kabel power ke stop kontak. Berbeda dengan pengoperasian TV Tuner jenis internal, yang harus menghubungkan kabel data monitor ke CPU (tepatnya di slot VGA card) untuk instalasi TV Tuner jenis eksternal, kita menghubungkan kabel data monitornya ke connector yang berada pada slot TV Tuner (include didalam produk).
  1. Tekan tombol power monitor dan hubungkan adaptor TV Tuner ke stop kontak
setelah itu tekan tombol power pada TV TunerTanpa perlu instalasi hardware atau software ke CPU kita sudah dapat menikmati siaran televisi, untuk langkah berikutnya, Anda tinggal memastikan kabel – kabel power baik monitor maupun TV Tuner eksternal telah terhubung dengan stop kontak, selanjutnya menekan tombol power monitor dan tombol power TV Tuner.
    1. Pasang antena untuk menangkap saluran stasiun televisi.
    Sama halnya seperti televisi biasa, TV tuner Eksternal maupun internal juga membutuhkam antena televisi agar penangkapan gelombang frekuensi dapat dilakukan dengan sempurna.
      1. Tekan Ubah saluran televisi sesuai dengan selera anda dengan menggunakan remote control.
      Silahkan ubah konfigurasi televisi Anda dengan menggunakan remote control, jika produk yang Anda gunakan menyediakan fasilitas remote control, jika tidak maka gunakan tombol pada TV tuner untuk mengkonfigurasinya.

      6 komentar:

      Unknown mengatakan...

      bagai mana agar tv jenis external ini bisa di gabung kan dengan CPU, dan supaya dapat melihat tv sambil manggunakan komputer secara bergantian...

      Anonim mengatakan...

      terima kasih atas infonya kami harap mampir kesini http://www.unsri.ac.id

      Anonim mengatakan...

      manfaat nii info ya ..

      Unknown mengatakan...

      thanks bermanfaat sekali

      Unknown mengatakan...

      bisa pa gak tv tuner eksternal dijadikan internal

      Tutorial109 mengatakan...

      Gimana cara.y menghubungkan kelaptop gadmei super VGA.??

      Posting Komentar

       
      Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews